Selasa, 10 Agustus 2010

Teknik Menghitung Cepat Dengan Jari

Menghitung satu tambah satu sih gampang, bagaimana kalau menghitung bilangan yang mencapai ratusan bahkan ribuan hanya dengan hanya mengandalkan jari tangan? Metode Jarimatika bisa mengatasinya. Jarimatika merupakan metode menghitung cepat menggunakan seluruh jari tangan kita.

Ibu Ari, salah seorang pengurus Jarimatika cabang Rawamangun mengatakan, ide ini berawal dari Ibu Septi, seorang ibu rumah tangga di Salatiga. Ia mencoba mengajarkan anaknya menghitung dengan menggunakan jari. Tidak sekedar menggunakan jari, namun memodifikasi penggunaan jari dalam menghitung. Dari sanalah metode ini tercipta.

Dalam menghitung, setiap jari memiliki bilangan atau ‘kode’ tersendiri. Misalnya jari telunjuk tangan kanan menunjukkan angka satu. Dua jari tangan menunjukkan angka 2 dan seterusnya. Sedangkan jari kiri menunjukkan angka puluhan. Selain menyatakan satuan dan puluhan, Jarimatika juga memodifikasi penggunaan jari sehingga mencapai ratusan dan ribuan. Tujuannya, untuk memudahkan berhitung. Dan dibandingkan metode-metode hitungan lainnya, Jarimatika terbilang mudah karena tidak menggunakan alat hitung.

Jarimatika memiliki banyak cabang, salah satunya cabang Rawamangun yang sudah berdiri sejak pertengahan 2005. Jumlah cabang Jarimatika tersebar lebih dari 300 cabang di seluruh Indonesia. Uniknya, tempat mengajar ini bukanlah di dalam gedung, melainkan perumahan, sehingga membuat anak feels like home.

Setiap minggu, mereka memiliki 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan berdurasi 70 menit. Di Jarimatika terdapat empat level. Level pertama mereka diajarkan tambah-tambahan. Kemudian semakin tinggi level, semakin bertambah tingkat kesulitan, seperti belajar mengkalikan dan membagi. Firdaus, salah satu staf pengajar di Jarimatika menerangkan, bahwa setiap level biasanya berdurasi sekisar 3 bulan. Namun semua itu tergantung seberapa cepat murid menangkap semua pelajaran. Semakin cepat menangkap pelajaran, maka semakin cepat naik level. Muridnya sendiri mulai dari Taman kanak-kanak hingga dewasa, bahkan ada seorang murid yang berusia 21 tahun dan baru saja menguasai metode hitung-hitungan ala Jarimatika ini.

Para pengajar di sini juga tidak menggunakan alat hitung. Pokoknya semua menghitung menggunakan jari, begitupula ketika mereka memeriksa pekerjaan murid. Tidak ada kunci jawaban. Para guru harus menghitung sendiri dengan jari dan mencocokan jawaban dari soal-soal yang dikerjakan murid.

Ketika memasuki ruang kelas, terlihat anak-anak begitu riang mempelajari Jarimatika. Ruang kelas yang mungil dan tidak terlalu ramai, namun berisikan anak-anak yang kompak. Ketika diberikan satu pertanyaan, “Coba hitung berapa, 4 X 5 - 12 X 7 + 8 + 5 + 102 dan terakhir di kali 3?” tanya seorang guru. Bersamaan guru tersebut mendiktekan soal, serempak anak-anak memainkan jari-jari mereka dengan cekatan sembari mulutnya komat-kamit menghitung. Tak sampai tiga detik usai pertanyaan dibacakan, anak-anak itu menjawab kompak “Lima ratus tiga belas Bu…”
Kabari diam-diam juga menghitung dengan kalkulator yang tersedia di ponsel, dan jawabannya anak-anak itu tepat! Luar biasa. Penasaran, kali ini Kabari yang memberi pertanyaan, “Berapa 7 X 7 x 19 X 2 + 27 X 4 + 1 – 200 dan dikurang 550?” dan anak-anak itu menjawab dengan cepat “Enam ribu delapan ratus tujuh!”. Tepat. Kabari pun geleng-geleng kepala.

Selain untuk pendidikan, Jarimatika ternyata mampu membantu orang yang terkena stroke. Penderita stroke biasanya kesulitan menggerakan jari. Namun dibantu dengan Jarimatika, perlahan-lahan mulai bisa menggerakan jari sekaligus belajar menghitung.

Belajar Jarimatika per bulan dikenakan biaya 150 ribu rupiah. Total murid di Jarimatika Rawamangun ini bekisar 150 murid. Dalam satu kelas, dibatasi paling banyak 15 murid saja agar setiap murid bisa fokus dan konsentrasi belajar. Dengan Jarimatika anak-anak memang akan lebih cepat dalam menghitung,

1 comments:

Unknown mengatakan...

INFOTUYULMESIR: tuyul ini sangat kecil ukurannya,kira-kira tingginya 5cm-6cm,tuyul ini dapat dilihat dengan mata terbuka Jika (BELIAU) sudah Memberikan Minyak khusu bagi anda yang ingin Kontrak atau ingin Beli tuyul.
orang lain tidak dapat melihatnya. Bagaimana merawatnya..?? Sangat mudah ,tuyul ini sangat canggih & tidak merepotkan, tuyul ini tidak suka netek pada ibu-ibu, tuyul kepunyaan mbah hanya perlu 1 buah kamar khusus tempat tuyul bermain & istirahat serta butuh KUNYIT DAN SUSU BIASA yang sering Diminum anak-anak, seperti SUSU CAP BENDERA, anda tidak usah takut atau repot, karena Kunyit banyak Dijual di pasar-pasar terdekat di kota anda, itupun hanya diberikan jika si tuyul akan bertugas mencuri uang/perhiasan, tuyul ini sangat setia dengan majikannya. Berapa harganya..?? khusus untuk tuyul biasa mbah patok harga yaitu 1,7MILIAR, dan jangan Khwatir, karena ada sistem ngontrak, Hanya 5Jt/ tahun, dan Bisa menghasilkan uang sekitar 20jt/Hari. Tuyul Mesir pintar sama seperti tuyul lainnya, tetapi terdapat perbedaan yaitu Memiliki Pakean yang Bagus dan topi yang kayak seperti Jin dan Jun, atau Tuyul dan Mbak Tuyul ,selain itu Tuyul Mesir dapat berlari lebih kencang daripada tuyul biasa, lebih pintar mencuri uang/perhiasan, oleh karena itu disebut tuyul spesial, kenapa begitu..?? karena banyak Paranormal atau para ahli hikmah mengakui sulit untuk menangkap TUYUL MESIR karena lari’nya cepat seperti kilat, hanya segelintir dukun sakti saja yang bisa menangkapnya, itupun harus menggunakan ilmu khusus yang sudah sangat langkah.
SISTEM KONTRAK DARI KAMI :
1.SISTEM KONTRAK TUYUL BIASA : Rp 15Jt DALAM WAKTU 2 BULAN

SISTEM KONTRAK TUYUL SPESIAL:Rp 25 Jt DALAM WAKTU 2 BULAN
&PENGHASILAN BISA MENCAPAI ATAU BAHKAN LEBIH 20Jt DALAM 1 HARI.
2 SISTEM BELI: HARGA 1,7 MILIAR
HANYA SEHARGA 1,7 MILIAR
Anda dapat memesan tuyul biasa atau tuyul super MESIR silahkan {>>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN GAIB ABAH GOLEK<<<<<}
TLP :
082361234469
(ABAH GOLEK)
dengan bantuan ABAH GOLEK bukan itu saja untuk mengetahui
Info selengkapnya silahkan ANDA Hub:BELIAU jangan ragu-ragu shobat...!

Posting Komentar

Recent Post

Mesa Javier's Blog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute