Selasa, 08 Juni 2010

Misteri Mbah Priok

Sejarawan yang banyak mengkaji sejarah Betawi, JJ Rizal, menilai cerita yang beredar di masyarakat tentang Mbah Priok semuanya fiktif. Mbah Priok hanyalah ABK kapal, dan bukan penyiar agama Islam di Jawa.

"Tidak benar jika dia adalah penyiar agama Islam di Jawa atau Betawi. Dia itu cuma ABK kapal Palembang," ujar Rizal Kamis (20/5/2010). Dia menjelaskan, Mbah Priok atau Habib Hasan Al Haddad adalah ABK Kapal Palembang yang hendak ziarah ke makam Habib Husain Alaydrus (penyiar agama di Jakarta) di Batam, dan ke Makam Wali Songo. Rute yang ditempuh Mbah Priok adalah Palembang-Bangka Belitung-Batavia. Namun belum sampai di Batavia, Mbah Priok meninggal dunia.

"Di tengah jalan Mbah Priok meninggal di laut, dan dimakamkan pertama di Pondok Dayung," ungkap Direktur Komunitas Bambu ini. Dari Pondok Dayung, makam Mbah Priok lalu dipindahkan ke TPU Dobo. Tahun 1997 makamnya dipindahkan ke Semper, Jakarta Utara.

"Dari saksi-saksi ketika penggusuran makam itu tahun 1997, makam Mbah Priok itu juga turut dipindahkan di Semper. Sehingga sampai sekarang, kemungkinan besar masih di Semper," cerita sarjana Sejarah UI ini.

Menurut Rizal, makam di Koja hanya petilasan saja dan dibangun pada tahun 1999. "Ada fakta sejarah yang perlu diluruskan. Buat masyarakat kita, letak makamnya di mana, mau di TPU Semper atau di Koja, itu asal ada petilasanya saja itu orang bisa dikeramatkan. Apalagi Mbah Priok itu sejarahnya fiktif semua," jelasnya, seperti dilansir detik.com.

Rizal juga membenarkan data PMI yang menyebutkan jika Mbah Priok meninggal tahun 1927, dan bukan 1756. Hal ini mematahkan klaim sekelompok orang yang mengaku sebagai ahli warisnya, yang saat ini menetap di Koja.

1 comments:

PAK RONI mengatakan...

ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_082 334 222 676_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THEN’S ROOM;X SHOBAT


ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_082 334 222 676_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THEN’S ROOM;X SHOBAT

Posting Komentar

Recent Post

Mesa Javier's Blog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute